Konstruksi Baja untuk Rumah

Konstruksi baja untuk rumah
Struktur baja umumnya dijumpai pada gedung-gedung pencakar langit. Akan tetapi, saat ini pengaplikasiannya juga sering ditemukan pada konstruksi rumah, lo. Tentunya, bukan tanpa alasan jika kini banyak kontraktor rumah yang memanfaatkan struktur baja. Nah, untuk tahu lebih jauh tentang struktur baja untuk konstruksi rumah, yuk simak pemaparan di bawah ini. Konstruksi baja

Struktur baja umumnya dijumpai pada gedung-gedung pencakar langit. Akan tetapi, saat ini pengaplikasiannya juga sering ditemukan pada konstruksi rumah, lo. Tentunya, bukan tanpa alasan jika kini banyak kontraktor rumah yang memanfaatkan struktur baja. Nah, untuk tahu lebih jauh tentang struktur baja untuk konstruksi rumah, yuk simak pemaparan di bawah ini. Konstruksi baja

Pengertian Struktur Baja

Komponen baja struktural yang ditata membentuk sebuah konstruksi kukuh disebut struktur baja. Pengaplikasiannya memang lebih banyak ditemukan pada bangunan bertingkat atau kompleks industri. Hal ini karena struktur baja menawarkan tingkat kekukuhan yang lebih baik jika dibandingkan jenis struktur dengan material lain, seperti misalnya beton atau kayu.

konstruksi baja untuk rumah

konstruksi baja

Jenis konstruksi Baja untuk Konstruksi Rumah

Struktur Baja Untuk Konstruksi Rumah

Berikut adalah beberapa jenis struktur baja yang sering diaplikasikan pada konstruksi bangunan.

  1. Portal Frame
    Untuk jenis yang satu ini, penggunaannya lebih sering dijumpai pada konstruksi dengan panjang bentang sekitar 20-40 meter.
  2. Portal Truss
    Sementara itu, portal truss lebih mudah ditemukan pada konstruksi bangunan yang memiliki panjang bentang 40-70 meter.
  3. Space Truss
    Terakhir, untuk struktur baja jenis space truss, pengaplikasiannya hanya dijumpai pada bangunan dengan panjang bentang lebih dari 70 meter.

Kelebihan Konstruksi Baja untuk Rumah


Pemanfaatan struktur baja untuk konstruksi rumah juga menawarkan banyak keuntungan, yakni:

1 Ringan dan Memiliki Tingkat Elastisitas yang Tinggi

Apabila dibandingkan dengan struktur bermaterial kayu atau beton, baja tentunya lebih unggul dalam segi elastisitas dan bobot. Karena itu, struktur baja sering dipilih untuk jenis bangunan rumah tahan gempa. Jadi, ketika terjadi guncangan, konstruksi rumah jadi tidak mudah ambruk. Selain itu, karena bobot struktur baja juga tergolong lebih ringan, ini tentu menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dibandingkan jenis struktur lainnya.

2 Menawarkan Tingkat Durabilitas yang Tinggi

Keuntungan lain jika menerapkan struktur baja saat bangun rumah adalah, ini menawarkan tingkat durabilitas yang tinggi. Dengan kata lain, umur bangunan akan jadi lebih panjang sehingga Anda pun bisa menghemat biaya perbaikan rumah.

3 Minim Perawatan

Dibandingkan dengan material kayu dan beton, struktur baja tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Hal ini karena tingkat ketahanannya yang begitu tinggi sehingga tidak mudah rusak karena faktor cuaca atau paparan bahan kimia.

4 Pengaplikasiannya Mudah dan Cepat

Banyak orang beralih ke struktur baja karena pengaplikasiannya lebih mudah dan cepat. Kenapa bisa demikian? Sebab produk baja sendiri sudah tersedia dalam berbagai ukuran serta varian kualitas di pasaran. Ditambah lagi, sifat dari struktur ini tergolong gampang dibentuk. Alhasil, proses pemasangan struktur baja pun tidak memakan banyak waktu.

5 Material Baja Bisa Dimanfaatkan Kembali

Struktur baja bisa dimanfaatkan kembali saat Anda melakukan renovasi rumah. Itulah kenapa jenis struktur ini dinilai sangat ramah lingkungan. Manfaat ini tentunya berasal dari sifat baja yang terkenal elastis dan memiliki tingkat kelenturan tinggi.

6 Memberi Kesan Lapang

Karena struktur baja terkenal ringkas dan ringan, ini tidak akan memakan banyak lahan Anda. Dengan demikian, rumah Anda pun bakal terkesan lebih lapang. Tentunya, jika Anda mengaplikasikan struktur jenis lain, akan ada banyak tiang penyangga berukuran besar pada konstruksi rumah.

Semoga wawasan di atas bisa membuat Anda lebih mengenal struktur baja untuk konstruksi rumah! Nah, apabila Anda kemudian tertarik untuk memasukkan struktur baja dalam desain rumah, jangan ragu klik tombol di bawah ini. Tim CV. ABDI JAYA selaku penyedia jasa konstruksi baja tepercaya tentunya bakal siap membantu Anda. Jadi, yuk nikmati sesi konsultasi gratis dengan tim arsitek kami!

Whatsapp : 0813-3300-6489

ARTIKEL LAINNYA

struktur baja untuk rumah

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

1 komentar untuk “Konstruksi Baja untuk Rumah”

  1. Pingback: Perbedaan Besi WF Dan H Beam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

Struktur baja wf

Struktur Baja Wf

Baja Wide Flange biasa disebut dengan baja WF adalah struktur baja yang dirancang memiliki ketahanan tekan dan tarik yang sangat tinggi terhadap berbagai beban dan

konstruksi baja

Perbedaan besi WF Dan H beam

Mengenal Perbedaan Besi WF Dan H BeamDiantara semua komponen material bangunan, besi baja merupakan komponen utama dimana dijadikan penopang pada suatu bangunan dikarenakan sangat kuat

×

Powered by Mahsyar Tech

× Ada Yang Bisa Kami Bantu?